Tuesday, April 15, 2008

Transportasi

Mengapa saya tertarik dengan bidang transportasi ?

Transportasi adalah bidang yang penting dan kompleks. Manusia sebagai mahluk sosial memerlukan bergerak dari satu tempat ke tempat lain, dan disinilah transportasi mulai berperan. Bidang transportasi dapat dipelajari, dibahas, dianalisis, diobservasi dan dijual jasanya sekaligus dengan kita melaksanakan transportasi dari suatu tempat ke tempat lain.
Dari trans dan port, maka ada sarana untuk ber-trans dari suatu titik asal (port) ke titik tujuan (port). Dari sisi sarana kita mengenal transportasi darat (mobil, kereta api, becak, sepeda, sepeda motor, dan lain-lain), laut (kapal, perahu, speedboat, rakit, dan lain-lain), dan udara (pesawat terbang, helikopter, dan lain-lain). Dari port kita mengenal terminal, pelabuhan laut, bandara, stasiun, halte, dan titik-titik lain.
Dua titik asal dan tujuan menghasilkan rute. Kombinasi dan gabungan rute menghasilkan jaringan. Kombinasi berbagai moda transportasi juga menghasilkan jaringan rute, dan seterusnya. Sarana transportasi yang sebagian besar menggunakan mesin yang tersusun atas beberapa komponen dan sistem yang berhubungan dan saling mendukung. Rute dan sarana menjadikan transportasi adalah sesuatu yang kompleks. Transportasi juga akan terus berkembang dan tetap akan digunakan.
Pada saat teknologi informasi dengan internet mulai berkembang, muncul kekhawatiran bahwa manusia akan banyak diam di depan komputer karena segalanya dapat dilakukan tanpa pergi. Tetapi ternyata dengan internet, manusia menjadi tahu tempat lain, daerah lain, negara lain dan berkeinginan untuk pergi. Mungkin sebagian orang yang tadinya tidak tertarik dan berkeinginan pergi ke suatu daerah, karena informasi menarik daerah tersebut lewat internet malah akan berusaha supaya dapat mencapai daerah tersebut.
Perkembangan sarana transportasi juga membuat jaringan dan rute berkembang. Adanya pesawat udara memungkinkan manusia lebih mudah bepergian dan mencapai tujuan-tujuan di manapun di dunia.
Bidang transportasi yang menjadi perhatian saya adalah sarana transportasi, rute dan jaringan, mengapa dan bagaimana suatu rute dapat terjadi, keunikan dan fenomena transportasi, dan bidang rekayasa (engineering) dalam transportasi. Meskipun latar belakang pendidikan dan pekerjaan saya adalah di bidang transportasi udara tetapi moda transportasi lainnya tetap menarik bagi saya.